PENILAIAN AKHIR SEMESTER




PRAMUKA SEBAGAI ACUAN PERUBAHAN GENERASI MUDA

Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter generasi muda bangsa. Di dalam Pramuka  juga memberikan arti pentingnya pendidikan yang membentuk karakter. Karena pendidikan karakter pramuka juga lebih di tekankan dan bersifat kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kebersamaan. Pramuka mengajarkan kecakapan dalam berpikir dan menggunakan cara-cara kreatif dalam mengatasi permasalahan.

Di dalam pramuka, bukanlah materi atau isi pelajaran yang lebih dipentingkan melainkan prakteknya, menumbuhkan sikap-sikap serta perbuatan-perbuatan yang baik yang akan membentuk kekuatan jasmani dan karakter dari diri tersebut. Hal tersebut terlihat pada cara kerja regu dan kelompok, di mana mereka diajak untuk bekerja sama dalam satu tim dalam mencapai satu tujuan yang sama, sehingga dalam kelompok tersebut dapat terlihat latihan dalam berdemokrasi.

Di dalam pramuka juga diajarkan cara bertahan hidup dalam keadaan darurat, misalnya jika tersesat di hutan, pramuka juga mengajarkan cara menggunakan kompas dan peta, memahami tanda-tanda alam, survival, dan cara membuat bivak. Dalam hal kreatifitas, pramuka mengajarkan cara-cara menggunakan benda-benda yang ada disekitar kita, seperti tali, tongkat, dan benda-benda lain. Kegiatan dalam pramuka lebih sering dilakukan di luar ruangan, yang berarti kegiatan dalam pramuka lebih banyak praktiknya.

Selain memberikan keterampilan pribadi, Di dalam pramuka juga mengajarkan tentang kebersamaan/kekompakan. Pramuka mengajarkan untuk bekerja sama dengan orang lain, dan di dalam kebersamaan itu bisa menumbuhkan rasa percaya diri. contohnya dalam kegiatan yang dilakukan secara kelompok. Selain itu, mental yang membuat mereka kuat, dan pramuka juga mengajarkan cara berorganisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan di dalam diri masing-masing.
        
         Dalam kepramukaan, Di dalam sebuah kepempinan pasti ada anggota yang dituntut untuk bertanggung jawab dan aktif dalam kegiatan organisasi tersebut. Dan yang terpenting ketua harus mengontrol dan melihat anggotanya supaya mereka mampu memberikan pengalaman yang sangat berguna di dalam kepramukaan, terutama pengalaman pramuka tersebut akan berbuah obrolan. Obrolan tersebut membuahkan Jiwa pramuka yang disiplin, cakap dalam berpikir, sopan, dan bertanggungjawab sangat dibutuhkan dalam kehidupan dewasa.


Begitu banyak ilmu dan pengalaman yang bisa didapat dari kegiatan pramuka. Oleh karena itu, pramuka sangat penting untuk membentuk karakter generasi muda bangsa. Dan memberikan contoh kepada generasi yang ada di Indonesia saat ini, supaya generasi muda lebih tahu sejarah pramuka yang lebih ditekankan pada karakter kedisplinan, kejujuran, kebersamaan dan membuktikan bahwa pramuka juga bisa membentuk generasi muda yang memiliki bangsa yang berperadaban maju. 


Komentar